Address
Jl. Raya Kranggan, Jatisampurna, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat 17433
Phone

Apakah Siswa Homeschooling Bisa Daftar UTBK-SNBT 2024? Cek Jawabannya!


Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 masih dibuka hingga 5 April pukul 15.00 WIB secara daring di Portal SNPMB. Seperti yang diketahui, UTBK-SNBT merupakan jalur penerimaan berbasis tes secara nasional.
Seluruh peserta dari lulusan 2024, 2023, 2022 dan Paket C diperkenankan untuk mendaftar dengan catatan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Daftar ini termasuk juga siswa homeschooling di seluruh Indonesia.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek menjelaskan siswa homeschooling bisa mengikuti UTBK-SNBT 2024 karena jalur ini tidak memandang dari sekolah mana peserta berasal.

“Tentu bisa dong, jalur ini tidak memandang dari sekolah mana kamu berasal. Jadi kalian dapat mengikuti UTBK-SNBT untuk melanjutkan pendidikan di PTN,” ujar BP3 Kemendikbduristek dalam keterangan tertulis dikutip dari postingan Instagram resminya, Kamis (28/3/2024).

Legalitas Ijazah Homeschooling

Meskipun diperkenankan untuk mendaftar, siswa homeschooling perlu memenuhi syarat peserta UTBK-SNBT 2024. Terutama memiliki akun SNPMB yang menjadi syarat wajibnya.

Dikutip dari laman Homeschooling Kak Seto, homeschooling adalah salah satu alternatif pembelajaran yang diakui dalam Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pelaksanaannya berada dalam naungan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS) Kemendikbudristek.

Siswa yang memilih homeschooling nantinya akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) dan memperoleh ijazah kesetaraan sebagai tanda kelulusan. Di jenjang SMA mereka mengikuti ujian Paket C yang juga diperbolehkan mendaftar dalam UTBK-SNBT.

Syarat peserta dengan paket C adalah memenuhi batas umur maksimal yakni 25 tahun per 1 Juli 2024. Meskipun memiliki akun SNPMB, peserta paket C yang berumur di atas 25 tahun tetap tidak bisa mendaftar dan akan tertolak sejak awal di Portal SNPMB.

Jadi, pastikan hal ini ya detikers!

Cara Daftar UTBK-SNBT 2024 untuk Siswa Homeschooling

Bila sudah memenuhi syarat utama sebagai peserta UTBK-SNBT 2024, cara pendaftaran seleksinya tidak berbeda dengan peserta lain, yakni:

  1. Login portal SNPMB: Buka Portal SNPMB dan lakukan login menggunakan akun SNPMB yang telah diregistrasi sebelumnya.
  2. Melengkapi biodata: Isi dan lengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata seluruhnya. Peserta tunanetra bisa mengunduh dan mengunggah kembali surat pernyataan tunanetra yang telah disediakan.
  3. Pilih program studi: Pilih program studi yang diinginkan, untuk SNBT 2024 siswa bisa memilih maksimal 4 program studi dengan kriteria yang berlaku.
  4. Unggah portofolio: Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio seperti yang ditentukan.
  5. Pusat UTBK: Lebih baik pilih pusat UTBK yang dekat dengan tempat tinggalmu. Seluruh daftar Pusat UTBK bisa dilihat di sini (https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/pusat-utbk)
  6. Pembayaran: Pembayaran UTBK-SNBT 2024 harus dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada sebesar Rp 200 ribu.
  7. Unduh kartu peserta UTBK-SNBT: Ini adalah proses terakhir yang akan dilalui siswa. Kartu peserta harus disimpan dengan baik karena dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SNBT 2024.

Itulah penjelasan pendaftaran UTBK-SNBT untuk siswa homeschooling. Masih ada waktu untuk ikut seleksinya, selamat mendaftar detikers!

sumber:  https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-7265725/apakah-siswa-homeschooling-bisa-daftar-utbk-snbt-2024-cek-jawabannya.